Sabtu, 10 Maret 2012

mengenal lebih dekat dengan motherboard



Motherboard
1. Socket Prosessor : Disinilah tempatnya prosessor Intel dengan Pentium/CoreDuo/Quadcore-nya, atau AMD dengan Sempron/Athlon/Phenom nya dipasang.
2. Chipset Northbridge : Untuk mengatur arus data (lalu lintas data) dari Prosessor, Memory/RAM, VGA. Data disalurkan (yang diperlukan oleh dan untuk komponen tertentu, ini akan terjadi ketika user atau anda menjalankan program).
3. Chipset Southbridge : Untuk mengatur arus data dari komponen input output, PCI, Harddisk, dan komponen yang terinteregasi seperti Audio, Network, dll
4. Slot Memory/RAM : untuk menempatkan memori/RAM pada motherboard. Socket memory terdapat jenis-jenis yang berbeda. Seperti SDRAM, DDR 1, DDR 2, DDR 3, RDRAM.
5. Slot Memory/RAM : idem
6. Konektor Floppy Drive : Untuk menyambungkan ke Floppy Drive (utk Disket) dengan menggunakan kabel konektor floppy.
7. Konektor ATA (IDE) : untuk Harddisk/CD-DVDROM ATA : Untuk menyambungkan ke Harddisk/CD-DVDROM ATA/IDE  dengan menggunakan kabel konektor harddisk/cd-dvdrom.
8. Konektor SATA (Serial ATA) : untuk Hardisk/CD-DVDROM SATA : Untuk menyambungkan ke Harddisk/CD-DVDROM SATA dengan menggunakan kabel konektor harddisk/cd-dvdrom.
9. Slot PCI : Untuk penambahan komponen eksternal, seperti soundcard pci, modem pci, usb pci, lancard pci, firewire pci, dan lain sebagainya.
10. Slot PCI-Express x16 :
Slot untuk VGA Card atau Display Adapter. (Dari VGA Card terus nyambung ke monitor, jadilah ada tampilan di layar monitor)
11. Slot PCI-Expressx1 : idem

12. Konektor Power Supply ATX 24Pin :
Konektor untuk menghubungkan dengan Power Supply, untuk menyuplai arus listrik pada semua komponen.
13. Konektor Power Supply ATX 12v 8Pin : idem
14. Konektor Power Tambahan VGA : Untuk menambah suplai listrik khusus grapich, biasanya VGA Card  kelas tinggi (High-End).

15. IC Power Regulators :
Kalau IC jebol/rusak
mainboard pasti mati alias komputer tidak akan nyala.
16. IEEE Firewire Controller : IEEE, Institute of Electrical and Electronic Engineers. adalah untuk menangani data transfer kecepatan tinggi seperti transfer data dari handycam.
17. Audio Controller : Untuk menangani suara, juga ada yang terpisah (sound card pci). Suara komputer jadi yahuud.
18. Network Controller : Berguna menangani jaringan untuk menghubungkan dengan komputer lain, baik dengan menggunakan kabel ataupun wireless. Juga ada yang terpisah (lan card pci).
19. BIOS : Basic Input Output System, berfungsi untuk mendeteksi, men-test, menjalankan  semua komponen yang terpasang seperti harddisk, vga, ram, sound, dll.
20. Baterai BIOS : Penyuplai daya/arus listrik pada BIOS. Jadi walaupun komputer dimatikan/dicabut kabel listriknya, BIOS tetap menyala. Tanda bila baterai harus diganti bila dicabut kabel listrik pln (dimatikan) tanggal selalu berubah / tidak sesuai (berubah ke tanggal pembuatan mainboard).

Saya       :  Ficky Lazuardi
Kelas     :  XTKJ 3

http://www.mkomputer.com/2010/02/mengenal-motherboard-lebih-dekat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar